Wednesday, September 27, 2017

Mengobati Asam Urat Yang Benar Dan Aman Menggunakan Daun Sirsak

Mengobati Asam Urat Yang Benar Dan Aman Menggunakan Daun Sirsak
Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Ada pula yang menyebutkan kalau penyakit asam urat merupakan penyakit tertua yang dikenal oleh manusia. Asam urat juga sering disebut sebagai “ penyakit para raja ” karena berkaitan dengan makanan yang enak-enak dan sering dikonsumsi oleh para raja.

Penyakit asam urat terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat pada bagian sendi karena kadar asam urat di dalam darah sudah terlalu tinggi dan ginjal tidak bisa lagi mengatur kestabilannya. Penumpukan asam urat pada persendian ini bisa mengakibatkan rasa sakit yang cukup hebat, terutama pada bagian persendian.

Pada umumnya, penyakit asam urat terjadi pada pria. Pada pria, kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat seiring bertambahnya usia, sedangkan pada wanita, kadar asam urat ini akan meningkat sejak ia mengalami menopause. Beberapa gejala yang terasa jika tubuh mengalami penyakit asam urat antara lain tubuh terasa kesemutan dan linu, rasa nyeri di bagian sendiri mulai terasa, terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun tidur, dan bagian sendi yang mengalami penumpukan asam urat akan terlihat bengkak, kemerahan, terasa panas, dan sakit yang hebat.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami penyakit asam urat atau tidak, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Dari hasil pemeriksaan akan diketahui berapa kadar asam urat yang kita miliki. Normalnya, kadar asam urat pada pria berkisar antara 3,5-7 mg/dl sedangkan pada wanita berkisar antara 2,6-6 mg/dl.

Untuk mengurangi derita karena penyakit asam urat, jenis-jenis makanan yang tinggi kandungan purinnya harus dihindari. Selain itu, sebaiknya tidak mengonsumsi obat jenis aspirin. Konsumsi berbagai macam makanan yang mengandung banyak kalium, seperti sayuran, buah-buahan, kentang, alpukat, susu, yoghurt, dan pisang, serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan stroberi. Selain itu, seorang penderita penyakit asam urat juga harus banyak-banyak minum air putih agar kristal asam urat lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Mengobati asam urat pun biasanya masih banyak para penderita yang mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakan rasa sakit ketika kambuh. Meski itu tidak masalah sepanjang dilakukan dengan berkonsultasi atau atas petunjuk dokter, namun satu hal yang perlu diketahui bahwa asam urat bisa disembuhkan secara alami tanpa harus bergantung dengan obat-obatan kimia.  Salah satunya yaitu, anda dapat menggunakan cara mengolah daun sirsak.

Metode pengobatan alami yang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia ini diakui sangat meminimalisir efek samping bagi tubuh. Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengolah daun sirsak untuk asam urat, terlebih dahulu kita harus mengetahui beberapa makanan yang tidak oleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut ini pemaparannya:
  • Berbagai macam jeroan seperti ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  • Ekstrak daging seperti abon ataupun dendeng
  • Berbagai jenis seafood misalnya, udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  • Makanan kaleng, contohnya kornet sapi dan sarden
  • Daging unggas seperti, bebek, angsa dan kalkun
  • Daging sapi, daging kambing dan daging kuda
  • Keju, es krim, krim, telur, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Kacang-kacangan, termasuk juga hail olahannya seperti tempe, tauco oncom dan lain sebagainya
  • Kembang kol, bayam, asparagus, jamur kuping, buncis, daun singkong, daun pepaya dan kangkung
  • Buah-buahan seperti durian dan nanas
  • Air kelapa
  • Makanan yang digoreng, bersantan atau yang digoreng dengan margarin/mentega
  • Makanan tinggi lemak dan protein

Pengolahan daun sirsak untuk asam urat terbilang mudah untuk dilakukan, berikut ini cara penyajiannya:
  1. Ambillah daun sirsak sebanyak 6-10 lembar, kemudian cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir. 
  2. Iris daun sirsak menjadi bagian yang lebih kecil agar sari-sari yang ada di dalamnya dapat bercampur dengan air seluruhnya. 
  3. Cara mengolah daun sirsak untuk asam uratyang ketiga yaitu rebus air sebanyak dua gelas bersamaan dengan daun sirsak yang telah dibersihkan. 
  4. Tunggu sampai airnya tersisa satu gelas, minumlah secara teratur dua kali sehari pada pagi dan malam. 

Selamat mencoba. Semoga anda lekas sembuh.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html